Lumbung Kreasi : Program Pelatihan Bulan April 2013

Yth. Bapak/Ibu,

 

Bersama ini kami sampaikan Program Pelatihan Lumbung Kreasi di bulan April 2013 sebagai berikut :

 

THE SIMPLE WAY TO ANALIZE TRAINING NEEDS

Bagaimana merancang program pelatihan, mudah, efektif dan efisien

Executive Meeting Room Gd. Gajah/Hotel Harris Tebet

Batch ke -4 : 16-17 April 2013

Pkl. 09.00 - 17.00 WIB

Biaya Pendaftaran Rp. 3.250.000,- per orang

 

Agar dapat menunjang peningkatan kinerja perusahaan, para praktisi Sumber Daya Manusia (SDM/HR) dituntut untuk dapat berkontribusi dengan menyiapakan program-program pelatihannya yang dapat mendukung "Core Competencies" perusahaan.  Untuk itu para praktisi HR harus menguasai tehnik identifikasi yang baik agar dapat menghasilkan program-program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, bukan sekedar memenuhi target aktivitas pelatihan.

Di sisi lain, sebagaimana aktivitas perusahaan yang lain tentunya kegiatan pelatihan juga harus memberikan suatu return yang lebih besar dari jumlah rupiah yang telah dibayarkan untuk membiayai suatu pelaksanaan pelatihan.  Para pengelola Sumber Daya Manusia di Perusahaan-Perusahaan (HR), selama ini banyak yang berbicara tentang manfaat pelatihan secara kualitatif, namun belum dapat menampilkan data secara kuantitatif tentang peningkatan kualitas SDM sesudah mengikuti pelatihan.   Untuk itu dibutuhkan kemampuan untuk melakukan dan mewujudkan suatu analisa kebutuhan pelatihan, bagaimana menentukan faktor-faktor keberhasilan suatu pelatihan dan bagaimana mengevaluasi keberhasilan suatu rencana pelatihan.

Learning Content

  • Manfaat program pelatihan bagi perusahaan
  • Definisi : Training Need Analysis (analisa Kebutuhan Pelatihan )- TNA
  • Program pelatihan berbasis kompetensi
  • Hubungan antara visi, misi dan strategi perusahaan dengan penyelenggaraan training.
  • Penggunaan analisa SWOT dalam TNA.
  • Step by step in developing Training Needs Analysis
  • Merancang program pelatihan perusahaan.
  • Tolok ukur keberhasilan dalam pelatihan 
  • Training Evaluation
  • The Training and Development Plan.

Metode Pelatihan : Presentasi, Diskusi, Latihan (menyusun rencana program pelatihan/group).

 

Target Peserta 

Karyawan di lingkungan HRD perusahaan, khususnya yang menangani penyusunan program pelatihan dan pengembangan karir atau karyawan di lingkungan Training Center Perusahaan.  Jumlah Peserta maksimal 12 orang.  (agar hasil latihan group optimal, dianjurkan tiap perusahaan mengirim 2 orang peserta).

TRAINER :

  1. Dra. U. Katherine Sulastri.

Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In- House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan, antara lain : Communication Skill, Time Management, Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, Training Needs Analysis.

2. Ir. Kuswiati, MSc (Direktur PT. Multikreasi Edutama dan Trainer)

 

Kuswiati, alumnus Institut Pertanian Bogor dan melanjutkan jenjang studi S2-nya di Cranfield Institut of Technology, UK.  Mengawali karirnya sebagai salah seorang tenaga peneliti di salah satu Lembaga Pemerintah Non Departemen, kemudian dipromosikan sebagai pejabat struktural.  pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Menteri di salah satu Kementerian dan menangani bidang sosialisasi program yang sangat berkaitan dengan masalah Pendidikan dan Pelatihan.   Pada tahun 2000 sampai dengan 2004, menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan pada salah satu Perusahaan Milik Negara dan pernah menjadi dosen tamu di salah satu Perguruan Tinggi Negeri. Sepanjang karirnya aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia.

 

Biaya Training :

Rp. 3.250.000 per orang untuk normal rate

Rp. 3.000.000,- per orang untuk early bird mendaftar dan membayar sebelum tanggal  31 Maret 2013 atau Group terdiri dari minimal  2 orang dari satu perusahaan dan membayar paling lambat tanggal 4 April 2013

Biaya sudah termasuk : Training Kits (CD Materi dan Hard Copy), makan siang, 2 kali Coffee Break, Sertifikat.

Biaya Training dapat ditransfer ke Rekening : 4202200506 an. PT. MULTIKREASI EDUTAMA pada Bank Bukopin Cab. MT Haryono.

 

 

PEMAHAMAN TENTANG PERATURAN PERUNDANGAN DI BIDANG ANGKUTAN JALAN

Membedah PP No. 55 tahun 2012 tentang Kendaraan  dan PP No. 80 tentang Pemeriksaan dan Penindakan  Pelanggaran bidang LLAJ

Executive Meeting Room Gd. Gajah/Harris Hotel

19-20 April  2013. Pkl 09.00 - 17.00 WIB

 

Untuk dapat melaksanakan UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta upaya meningkatkan ketertiban lalu lintas yang akan berdampak kepada kelancaran usaha di semua sektor, Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 tahun 2012 tentang Kendaraan serta PP No. 80 tahun 2012 tentang Pemeriksaan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Jalan.  Agar Peraturan tersebut dapat dipahami dan diterapkan dengan baik dan bermanfaat untuk semua pihak, maka kami memfasilitasi pelaksanaan diskusi antara pelaku bisnis/praktisi dengan pihak pemerintah.

 

Tujuan Workshop :

  1. Memberi pemahaman mengenai : Peraturan Pemerintah tentang Kendaraan serta Pemeriksaan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas serta Jalan.
  2. Memberi pemahaman teknis tentang pengenalan jalan dan kendaraan, kaitannya dengan standard dan kelayakan.

Metode Workshop : Presentasi dan diskusi interaktif.

 

Target Peserta :

 

  1. Manager, supervisor atau staff di bidang transportasi, logistik dan supply chain
  2. Pelaku usaha transportasi
  3. Pemilik barang/produsen
  4. Serta siapa saja yang ingin meningkatkan kompetensi mereka di bidang peraturan perundangan bidang transportasi.

Materi :

 

1. Sessi Undang-Undang dan Peraturan :

  • UU No. 22/2009 tentang LLAJ VS UU No. 14 /1992
  • PP No. 55 tahun 2012 tentang Kendaraan
  • PP No. 80 tahun 2012 tentang Pemeriksaan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Jalan.

2. Sessi Pengenalan Jalan dan Kendaraan, kaitannya dengan standard dan kelayakan :

 

  • Kelas Jalan
  • Dimensi Kendaraan
  • Muatan Kendaraan
  • Penanganan muatan general kargo, alat berat dan B3
  • Uji tipe dan kelayakan kendaraan
  • Perlengkapan kendaraan/keselamatan kendaraan barang: - Mobil Kecil ; Truck  (prime over & trailer); Pre-trip Inspection
  • Contoh-Contoh kasus kesalahan di dalam sebuah kecelakaan berdasarkan kategori kesalahan dan jenis kecelakaan
  • Perijinan untuk Pengangkutan (SIUP, SIUJPT/ijin Operasi)

Fasilitator : Purwatiningsih, SH dan Team

(Professional/Dosen Sekolah Tinggi Transportasi Darat, berpengalaman sebagai praktisi hukum di Kementerian Perhubungan).

 

Biaya Training dan Fasilitas

Normal rate : Rp. 3.250.000,- per orang

Group : Rp. 2.950.000,- per orang (min 2 orang dari satu perusahaan) serta membayar paling lambat tanggal 5 April 2013.

Biaya training sudah termasuk : training kits, Lunch, 2 x coffee break dan sertifikat.

 

==================================================================================================

MENJADI MC (MASTER OF CEREMONY) YANG HANDAL

Executive Meeting Room Gd. Gajah

24-25 April  2013, pkl 09.00 - 17.00

 

Pembawa acara/MC yang handal dengan kepribadian, sikap dan tutur katanya akan membuat audiance hanyut dan betah mengikuti rangkaian acara.   Tak perlu harus selalu menghadirkan selebritis untuk melakukan hal ini karena di setiap sekolah/organisasi/ perusahaan memiliki orang-orang yang potensial untuk melakukannya.

 

Program singkat ini kami kemas sangat sistematis, menambah rasa percaya diri dan sarat dengan latihan praktis bagi tiap peserta.

 

Sasaran Pelatihan :

 

  • Mengetahui tugas dan tanggung jawab seorang MC
  • Membangun kesan pertama yang menarik dalam sikap, penampilan dan tutur kata.
  • Tampil percaya diri, responsif, hangat dan bersahabat setiap saat.
  • Memilih/mengenakan busana yang serasi/elegan sesuai acara yang dipandu.
  • Terampil menggunakan alat bantu komunikasi
  • Berbicara dengan gaya bahasa luwes, menarik sesuai situasi/kondisi.
  • Memiliki berbagai strategi untuk menghidupkan suasana atau mencegah kejenuhan

Materi Pelatihan :

 

  • Tugas dan tanggung jawab seorang MC
  • Hal-hal yang perlu diketahui dan disiapkan seorang MC sesuai acara yang dipandu.
  • Berinteraksi dengan audiance dan menghidupkan suasana.
  • Membangun kesan profesional
  • Bermain dengan waktu dan alat-alat waktu.
  • Mengantisiapsi/mengatasi hal yang tak terduga
  • Membuka dan menutup acara dengan meriah, hikmat  atau menggugah semangat.
  • 10 cara untuk meraih sukses

Target Peserta : Staff Humas/Public Relation atau Staf General Affair serta mereka yang tertarik dengan bidang Publik Speaking.

 

Metode Pelatihan : Presentasi, Role Play serta Praktek MC

 

Trainer : U. Katherine Sulastri

U. Katherine adalah trainer profesional yang telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang pengajaran dan pelatihan di berbagai perusahaan besar. Sejak tahun 2002 ia telah melakukan banyak sekali pelatihan baik publik maupun In-House dengan hasil yang sangat memuaskan. Katherine adalah lulusan dari Universitas Kristen Indonesia Fakultas Bahasa Inggris. Jabatannya yang terakhir adalah Operational Training and Facility Manager di PT. Hero Supermarket,Tbk. Sejak awal 2005 ia menjabat sebagai Associate Consultant di TSA (Tony Sardjono & Associate). Beliau sering diminta memberi pelatihan dengan topik antara lain : Mencapai Sukses Pribadi , Menjadi MC/ Moderator Efektif, Secretaris Profesional, Effective Time Management, Business Correspondence, Effective Filing System, Negosiasi untuk Menang, Train The Trainer, Membangun Tim yang Dinamis, Presentation Skill dan Office Manners.  Kecintaannya pada dunia kaum muda dan kesenian, mendorongnya untuk terjun dan menekuni berbagai kegiatan seni dan kepramukaan yang ternyata sangat menunjang metode-metode pelatihan yang dibawakannya hingga saat ini.

 

Biaya Training & Fasilitas :

  • Normal rate : Rp. 3.000.000,- Per orang
  • Group         : Rp. 2.750.000,- per orang (min 2 orang dari satu perusahaan/institusi) serta membayar paling lambat tanggal  12 April 2013
  • Biaya Training sudah termasuk : training kits, lunch, 2 x coffee break dan sertifikat.

Biaya Training ditransfer ke Bank Bukopin Cab. MT. Haryono, Rekening No. 4202200506 an. PT. MULTIKREASI EDUTAMA.

 

 

Informasi dan Pendaftaran :

Ratih & Kuswiati :

Telp. 021 8306188, 70234813   Fax. 021 8306188

Hp. 0838 94509000, 0838 98535915 atau 0811 892647

Email : ratih@lumbungkreasi.com; kuswiati_nuridja@yahoo.com

Website :www.lumbungkreasi.com.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

Lumbung Kreasi : 1. EVENT ORGANIZER MANAGEMENT 2. LOADING & DELIVERY MANAGEMENT